October 29, 2019

Mengatasi Elementor Error Terbaru 2020

by narwastunagoro
Mengatasi Error yang sering terjadi pada elementor

Mengatasi Elementor Error. Elementor merupakan salah satu WordPress Page Builder yang memiliki berbagai macam fitur dan kemudahannya dalam membuat website. Terkadang, dalam beberapa kasus Elementor memiliki beberapa masalah. Salah satunya tidak dapat diaksesnya Elementor saat menggunakan live editor atau tidak munculnya hasil editan yang telah dilakukan user. Saya akan membabarkan tiap-tiap masalah yang sering terjadi beserta solusinya.

Kasus Pertama : Elementor Loading Terus Menerus

Elementor Load Terus Menerus

Jika Anda mendapati masalah Live Editor yang loading terus menerus (Elementor Loading Terus Menerus) atau bahkan blank biasanya disebabkan oleh kekurangan WP Memory (PHP Memory). Anda bisa melihat Elementor System Requirement. Pada halaman ini Elementor membutuhkan :

1. Upgrade ke WordPress Terbaru

Pastikan Anda selalu mengaktifkan auto-update pada WordPress Anda. Karena salah satu spesifikasi yang dibutuhkan oleh Elementor ialah WordPress terbaru. Dalam laman resmi spesifikasi minimum. Elementor menyarankan untuk menggunakan WordPress 4.7 keatas.

2. Upgrade PHP 7 Keatas

Pastikan Anda juga menggunakan PHP Versi 7 keatas. Semakin tinggi atau semakin baru PHP semakin cepat dalam memproses data, hal ini juga dapat membantu Anda dalam mempercepat website Anda. PHP terbaru juga jauh lebih aman dibandingkan versi PHP yang lama. Sebelum Anda Upgrade PHP pastikan semua plugin kompatibel dengan Versi PHP yang baru. Saya menyarankan untuk Upgrade ke PHP Versi 7.2. Karena rata-rata plugin WordPress support dengan PHP versi tersebut.

Cara Upgrade PHP Melalui Cpanel

1. Buka Cpanel dan Pilih Select PHP Version
Mengatasi Elementor Error

Langkah pertama, buka cpanel website Anda. Kemudian cari Select PHP Version, dan Klik Select PHP Version. Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa meminta upgrade PHP melalui Penyedia Hosting Anda. Jika Anda menemukannya maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Pilih Versi PHP
Mengatasi Elementor Error

Setelah klik Select PHP Version Anda akan masuk ke halaman ini. Biasanya beberapa hosting di Indonesia menggunakan 5.6 sebagai PHP default. Pilih 7.2 karena lebih stabil dan hampir semua plugin kompatibel dengan versi PHP ini. Ketika Anda memilih versi 7.2 itu akan otomatis tersimpan. Jika Anda tidak menemukannya di dalam hosting atau Cpanel Anda. Harap menghubungi penyedia hosting untuk mengupgrade PHP ver ke 7.2.

3. Mengubah Memory Limit dan Lain sebagainya

Saya menyarankan untuk menggunakan :

  • max_execution_time : 300 atau keatas
  • memory_limit :  256M atau keatas *(catatan: 256M adalah nilai minimal pastikan Anda menggunakan 256 atau lebih. Jika Anda menggunakan banyak add-on untuk Elementor Anda pastikan Anda menggunakan 512M dan pastikan pula hosting yang Anda pilih mampu menggunakan 512M)
  • max_input_time : 1000
  • upload_max_filesize : 64M atau keatas
  • post_max_size : 64M atau keatas

1. Melalui Select PHP Version Cpanel

untuk mengubahnya, caranya hampir sama dengan mengupgrade atau merubah PHP

  1. Masuk Ke Cpanel
  2. Kemudian klik Select PHP Version
  3. Kemudian Klik Switch to PHP options
  4. Kemudian sesuaikan dengan diatas
Elementor Error

2. WP-Config

Cara lainnya dengan menambahkan di wp-config

define('WP_MEMORY_LIMIT', '256M');
define( 'WP_MAX_MEMORY_LIMIT', '256M' );

3. Php.ini

Jika Anda belum bisa mengubah melalui wp-config atau Anda tidak dapat menemukan di Select PHP Version. Anda bisa mengubah melalui PHP.ini (PHP Configuration File) dengan catatan : tidak semua web hosting dapat diubah. Dan beberapa kasus lokasi file berbeda-beda pada tiap web hosting. Pastikan Anda telah membaca Knowledge Base pada web hosting yang Anda gunakan.

  1. Pastikan Anda melakukan backup pada website Anda
  2. buka file php.ini
  3. kemudian masukkan kode dibawah ini
memory_limit = 256M
upload_max_size = 64M
max_execution_time = 300
max_input_time = 1000
post_max_size = 64M
upload_max_filesize = 64M

4. Melalui .htaccess

Jika Anda tidak mengetahui lokasi php.ini ataupun web hosting Anda tidak menyediakannya Anda bisa mengganti melalui file .htaccess Anda.

php_value memory_limit 256M
php_value upload_max_filesize 64M
php_value post_max_size 64M
php_value max_execution_time 300
php_value max_input_time 1000

5. Hubungi Web Hosting Anda

Cara terakhir adalah menghubungi web hosting Anda. Sertakan spesifikasi yang saya berikan di atas, dan minta kepada web hosting untuk merubah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Kasus Kedua : Hasil Editan Elementor Tidak Muncul

Permasalahan ini salah satu yang sering terjadi. Banyak faktor yang menyebabkannya, bisa dikarenakan plugin caching atau tema bawaannya. Untuk mengatasinya :

  1. Hapus Cache Jika Anda menggunakan plugin cache seperti : Swift Performance, WP Rocket, Breeze, WP Fastest Cache, Autoptimize dan lain sebagainya pastikan Anda telah menghapus caching Anda,
  2. Regenerate CSS Jika masih tidak bisa Anda bisa menuju ke wp-admin (WordPress Dashboard) kemudian klik Elementor
  3. Setelah itu, klik tools dan klik Regenerate CSS
  4. Refresh halaman Anda, jika berhasil Anda bisa melewati tahap selanjutnya
  5. Internal Embedding Jika masih belum muncul buka wp-admin > Elementor > setting>advanced > CSS Print Method rubah ke Internal Embedding
  6. Refresh halaman Anda.

Kasus Ketiga : Website Lemot Gara-Gara Elementor

Jika Anda mendapati website Anda lemot gara-gara Elementor ada dua kemungkinan. Apakah yang lemot adalah live editor dan WordPress Anda atau hasil website Anda tidak memuaskan dimata Gtmetrix maupun Tools Pingdom. Jika Anda mendapati masalah lemot pada live editor dan WordPress pastikan langkah-langkah diatas diterapkan semaksimal mungkin. Jika masih lemot segera ganti hosting yang lebih baik. Jika website Anda lemot saat diakses setelah proses desain oleh elementor saya sarankan untuk membaca artikel tentang cara mempercepat website. Saya membuat Panduan Lengkap Swift Performance Pro yang dapat meningkatkan kecepatan website Anda.

Jika Anda memiliki masalah pada Elementor. Anda bisa masukkan kendala pada kolom komentar dibawah ini. Sangat disarankan untuk Anda pengguna Elementor untuk mengikuti Grup Facebook Ini :

Saya aktif dikedua grup diatas. Jika ada permasalahan Elementor Anda silahkan sertakan gambar beserta link website yang mengalami problem.

Kendala Lain

Jika Anda menggunakan Cloudflare saat proses editing harap mematikan Rocket Loader atau klik Pause Cloudflare on Site. Anda bisa menemukan opsi ini pada Advanced Option yang berada pada kanan bawah dashboard Cloudflare Anda.

Jika Anda masih memiliki masalah coba untuk melakukan editing pada incognito windows. Kemungkinan ada extension Chrome atau Firefox yang menghalangi keduanya.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

13 thoughts on “Mengatasi Elementor Error Terbaru 2020”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *